TIPE- TIPE PEMAIN POKER ONLINE & CARA MENGHADAPINYA | STRATEGI MAIN POKER

TIPE PEMAIN POKER ONLINE TIPE PEMAIN POKER ONLINE & CARA MENGHADAPINYA - STRATEGI MAIN POKER

CEMEBRO.COMSTRATEGI MAIN POKER – TIPE-TIPE PEMAIN POKER ONLINE & CARA-CARA MENGHADAPINYA

Pada artikel ini saya akan menguraikan tentang tipe-tipe pemain poker yang akan anda temui setiap kali anda login dan bermain poker pada suatu poker room. Pengetahuan dan wawasan tentang hal ini sangat krusial sekali karena permainan poker adalah suatu permainan situasional yang kondisi dan cara bermainnya sangat berbeda antara satu sesi permainan dengan sesi permainan lainnya. Dalam hal ini faktor paling penting yang menyebabkan perbedaan tersebut adalah pemain-pemain yang sedang bermain pada suatu meja dengan membawa tipe permainannya masing-masing ke dalam meja tersebut. Agar anda dapat segera menyesuaikan diri (beradaptasi) dengan meja tempat anda bermain bersama dengan pemain-pemain didalamnya, maka anda harus mengetahui tipe-tipe pemain ini dan cara-cara dalam mengatasi dan mengeksploitasinya untuk keuntungan anda secara keseluruhan.

Jika anda bermain pada micro limit atau low limit, saya tidak menyarankan anda untuk melakukan pengamatan secara spesifik kepada orang demi orang pemain yang anda temui pada suatu poker room tertentu. Karena pada hakikatnya pemain-pemain dalam limit ini akan datang dan pergi secara silih berganti sehingga hampir tidak memungkinkan bagi anda untuk melakukan pengamatan tersebut secara efektif. Oleh sebab itu lebih efektif bagi anda untuk mengetahui detail permainan dari masing-masing tipe pemain dan berusaha untuk segera melakukan kontra-aksi terhadap masing-masing tipe permainan tersebut sehingga anda dapat mengatasi pemain-pemain dengan tipe-tipe permainan tersebut.

CARA MENENTUKAN TIPE PEMAIN TEXAS HOLD’EM

Sebagai panduan dalam menentukan tipe pemain ini, pada setiap kali anda duduk pertama kali pada suatu meja dan mulai melakukan pengamatan, maka selalu cari jawaban atas pertanyaan di bawah ini:

1. Apakah pemain yang anda amati memainkan banyak starting hand ataukah sebaliknya memainkan sedikit starting hand?

2. Apakah pemain yang anda amati bermain secara agresif ataukah pasif?

Jawaban pertanyaan nomor 1 adalah disebut pemain Loose bagi yang memainkan banyak starting hand dan disebut pemain Tight bagi pemain yang sedikit memainkan starting hand. Jadi penggolongan ini lebih mengarah pada tipe pemain saat memainkan babak preflop tetapi tidak menutup kemungkinan tipe ini terbawa secara pasti ke babak-babak selanjutnya (Flop, Turn dan River). Sebagai contoh adalah tipe pemain Loose, dimana pemain dengan tipe ini akan sangat banyak memainkan starting hand yang dibagikan kepadanya untuk dapat melihat flop, namun setelah flop dibagikan ia akan lebih sering melakukan folding ketimbang meneruskan permainannya.

Jawaban pertanyaan nomor 2 adalah lebih mengarah pada bagaimana pemain tersebut memainkan starting hand yang dipilih dan diputuskannya untuk dimainkan. Pemain yang memainkan starting handnya secara aktif disebut pemain tipe agresif, demikian sebaliknya pemain yang cenderung menunggu disebut pemain tipe pasif.

Dalam permainan poker online, saat ini dikenal ada 8 (delapan) tipe pemain dengan ciri-ciri permainan serta cara-cara menghadapinya, yaitu:

1. ROCKS

Ini adalah tipe pemain yang ekstrim, paling gampang ditentukan diantara sekian banyak pemain. Ibarat ada 10 orang berambut gondrong, tiba-tiba nongol sebuah kepala yang gundul di antara mereka, nah si gundul inilah pemain tipe Rocks. Pemain tipe ini akan duduk berjam-jam pada meja tempat ia memilih untuk bermain dan tanpa melakukan tindakan apa-apa selain membayar Blind, dibagikan starting hand untuk kemudian menutupnya, demikian seterusnya. Namun jika suatu saat ia mulai beraksi, maka dapat dipastikan ia saat itu berhasil memegang lima kartu As (ha..ha..ha..) dan ia akan segera keluar sebagai pemenang pot tersebut.

Cara untuk menghadapi tipe pemain ini, adalah:

– Hindari saja dia

– Curi Blindnya setiap saat, jika ia melawan maka tutup kartu anda (kemungkinannya 1 : 100, 100 kali anda mencuri blindnya dan 1 kali ia akan melawan anda…:)).

– Jika anda melakukan raising pre-flop dan tiba-tiba pemain tipe ini melakukan calling atau reraising, kecuali anda memegang Pocket As, selain itu tutup saja kartu anda.

Walaupun demikian, pemain tipe Rock (batu) ini akan tetap dapat menghasilkan profit pada permainan micro dan low limit, yang ia butuhkan untuk memperoleh profit ini hanyalah keberadaan seseorang yang idiot…:D…dimana pemain idiot ini memilih waktu yang tidak tepat untuk melakukan bluffing dan memiliki pikiran negatif terhadap pemain tipe rock ini seperti: “Dari tadi ia belum memainkan sebuah starting hand pun, jika saat ini ia melakukan raising yang sangat besar maka tentunya ia melakukan bluffing. Harus calling nih…!!”
Dan apa yang terjadi? Matilah si idiot kena tembakan Bullets dari si Rock.

2. NIT

Ini adalah pemain nanggung, pemain yang mulai mengerti bagaimana bermain Tight namun belum paham bagaimana menjalankannya / mengaplikasikannya. Nit juga hobby melakukan folding, ia menganggap dirinya telah memahami bermain poker yang baik, mulai menempelkan Tabel Starting Hand didekat layar monitornya, serta menunjukkan permainan yang solid dan agresif pada babak pre-flop.

Tetapi yang menjadi keunikannya di sini adalah setelah masuk babak Flop, ia akan kebingungan mau ngapain selanjutnya…karena ia selanjutnya menyadari bahwa kondisi saat flop tersebut di luar harapannya dan tidak dapat ia kendalikan, yang selanjutnya seringkali ia akan menyesali mengapa ia mau memainkan starting hand tersebut dan terlibat kesulitan didalamnya.

Sama seperti cara menghadapi pemain tipe Rock, bermain secara agresif melawan tipe Nit ini akan menguntungkan bankroll anda. Si Nit ini selalu membutuhkan suatu alasan untuk melakukan folding, maka berikan alasan tersebut kepadanya dengan cara menyerangnya secara agresif menggunakan raising pada babak flop dan seterusnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa Nit ini akan sangat jarang melakukan bluffing, oleh sebab itu seganilah ia jika melakukan sebuah perlawanan yang sengit, karena biasanya ia memiliki “kartu monster” saat itu. Demikian pula jika ia melakukan raising, dilanjutkan Continuation Bets dan diakhiri dengan betting kuat pada babak River, maka dapat dijamin anda kalah melawannya saat itu karena ia pasti sedang memiliki kombinasi yang terbaik.

3. WEAK TIGHT

Selanjutnya adalah tipe pemain yang Tight namun belum seberapa tegas dan lebih cenderung dikatakan lemah sehingga disebut Weak Tight (Tight yang lemah). Kelemahan dan permasalahan dari tipe pemain ini adalah saat menghadapi agresi yang dilakukan padanya ia kerap sekali kelimpungan dan tidak tahu harus melakukan tindakan apa yang tepat. Hal ini didukung lagi oleh kecenderungannya untuk mengambil keputusan yang salah dalam menyikapi agresi tersebut.

Pemain tipe ini tidak akan dapat ditentukan seketika, namun setelah anda mengamatinya dalam beberapa kali putaran permainan, anda akan mengenalinya ketika pemain tipe ini seringkali menyerah tanpa sebab yang jelas saat berhadapan dengan beberapa kali agresi yang dilakukan terhadapnya.

Jangan anggap enteng tipe pemain ini, karena ia sedikit lebih baik dari Rock dan Nits. Untuk melakukan eksploitasi terhadap pemain tipe ini, anda membutuhkan “pengolahan dosis agresi” yang tepat baginya dengan cara memainkan starting hand secara selektif untuk menyerang Blind si Weak Tight ini guna memancing ia melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan saat anda melakukan agresi terhadapnya.

4. TIGHT AGGRESSIVE (TAG)

Nah, yang ini adalah sebaiknya menjadi tipe anda sebagai seorang pemain poker. Sangat sulit menemukan “lubang” kelemahan dari tipe pemain ini, baik itu anda atau lawan yang sedang anda hadapi. Jika dalam satu meja Cash Game terdapat lebih dari dua orang pemain lawan dengan tipe ini, maka sebaiknya anda mengalah dan cabut saja, karena situasi pada akhirnya nanti akan sangat tidak menguntungkan anda. Hal ini disebabkan karena pada hakikatnya tipe pemain ini akan secara agresif memainkan starting hand yang dipilih untuk masuk ke dalam pot. Dikhawatirkan pada saat anda memainkannya, lawan lain yang satu tipe dengan anda tersebut ikut pula masuk dalam pot. Ini berarti akan terjadi bentrokan premium starting hand yang ujung-ujungnya dapat mengakibatkan seluruh modal di depan anda akan ludes. Tidak mengapa jika anda memainkan secara agresif Pocket As saat itu melawan pemain lawan tersebut yang memainkan Pocket King, tetapi jika terjadi sebaliknya, bagaimana?

Secara garis besar cara menghadapi pemain tipe ini, adalah:

– Pastikan anda tidak bentrok dengannya, kecuali bermodalkan premium starting hand.

– Konsentrasi pada pemain yang lemah saja, tidak perlu memunculkan ego anda dan berusaha mengalahkan lawan dengan tipe ini, karena pada dasarnya ia memang sulit untuk dikalahkan.

– Jika tidak ada “Fish” (pemain yang lemah) pada meja tersebut, maka cobalah “memancing di kolam” (meja) yang lain.

Tetapi anda tidak perlu selalu menghindar terhadap pemain tipe TAG ini, terutama jika anda ingin mengetahui atau mengevaluasi kelemahan permainan anda, maka pemain tipe ini sangat bagus untuk dijadikan “Sparing Partner”. Hal ini wajib pula anda lakukan di mikro dan low limit, sebagai persiapan anda nanti jika bermain pada High Limit dan berhadapan dengan tipe pemain ini di sana.

5. MANIAK

Jika anda kenal aktor Sean Penn (Mantan suami Madonna “Like The Virgin”), maka dia inilah si maniak dalam poker, yaitu memiliki sifat brutal, liar dan ganas. Sean Penn dalam kesehariannya suka bikin ulah, mulai dari tukang parkir, satpam sampai polisi pernah berkelahi dengannya. Demikian pula si maniak poker ini, siapapun akan dilawannya, tidak peduli itu si Rock, si TAG atau tipe yang lainnya, pokoknya kalau ia punya mau maka si maniak ini akan selalu mencoba mengintimidasi lawan-lawannya.

Pada dasarnya pemain tipe maniak adalah pemain Loose dan Hiper Agresif. Ia tidak memandang poker sebagai sebuah permainan strategi, melainkan sebagai “panggung seorang Superman” dan “One Man Show”, ia menyukai sekali bluffing dan membuat lawan-lawannya ketakutan.

Cara menghadapi maniac ini adalah:

– Bermain TAG

– Pancing ia melakukan bluffing saat anda memegang “kombinasi monster”

– Lakukan pula bluffing pada saat-saat tertentu kepadanya sebagai “Shock Therapy”

Dari sekian banyak tipe pemain, maniak inilah yang sering membuat seorang pemain menjadi Tilt (Panas Hati), oleh sebab itu jangan sampai anda terpancing olehnya, mainkan saja strategi anda dan jangan hiraukan polah dan tingkahnya. Tiba waktunya anda memegang kartu yang sangat baik, maka hajar dia sampai babak belur. Tapi anda jangan khawatir, ia tidak akan jera dalam sekali hajaran itu saja, ia cenderung akan tetap bertingkah yang sama karena pada dasarnya pemain tipe ini adalah pemain yang “Gokil”.

6. LOOSE AGGRESSIVE (LAG)

Ini hampir satu tipe dengan maniak, namun yang membedakannya adalah tipe LAG ini lebih dapat mengontrol dirinya dibandingkan si maniak. LAG sama memainkan banyak starting hand dan memainkannya secara agresif pula. Tipe pemain ini sering anda temukan pada permainan High Limit, sedangkan di Micro dan Low Limit pemain tipe ini lebih dekat untuk menjadi Maniak daripada LAG itu sendiri.

Pemain LAG yang bagus akan banyak menghasilkan keuntungan setelah permainan babak flop. Di sini ia biasanya pandai sekali memanfaatkan batas-batas yang tipis dalam memaksimalkan pressure (tekanan) guna mengintimadasi lawan-lawannya saat itu. Biasanya dalam beberapa putaran kartu ia akan mengalami kekalahan kecil-kecilan, sehingga seringkali lawan-lawannya akan menempatkan ia sebagai pemain yang maniak. Padahal mereka salah menduga, bahwa sebenarnya ia lebih tahu apa yang harus ia lakukan dengan permainannya tersebut, sehingga pada akhirnya lawan-lawannya tersebut menjadi bulan-bulannya semata.

Cara menghadapinya adalah sama seperti melawan maniak, namun perlu ditambah unsur kewaspadaan yang lebih ekstra karena sebenarnya pemain ini tidak “Gokil”, melainkan karena ia memang mahir dalam memanfaatkan faktor-faktor psikologi dari lawan-lawannya.

7. CALLING STATION

Tipe pemain ini entah kenapa dilahirkan sebagai pemain yang “enggan melakukan fold”. Mungkin pada layar monitornya, software poker yang ia gunakan tidak menampilkan “Tombol Fold”, sehingga ia secara terus menerus melakukan calling bahkan tanpa raising sekalipun…hahaha…

Saat ini pemain dengan tipe ini sudah sangat langka, namun sekali-kali saya pernah menemukannya dan sangat mengasyikan bermain dengannya. Jika anda menyadarinya dan mengamatinya dengan seksama, anda akan dapat tertawa terbahak-bahak karenanya. Hal ini disebabkan karena tindakan yang dikenalnya hanya satu yaitu melakukan calling, lucunya lagi adalah ia sangat jarang melakukan agresi bahkan saat ia memegang “kombinasi monster”, dimana dengan kombinasi tersebut jelas-jelas ia menjadi pemenang pot yang dimainkannya. Pemain tipe inipun akan melakukan calling terhadap raising anda tanpa suatu alasan yang jelas, bahkan akan tetap melakukan calling terhadap betting anda pada babak selanjutnya walaupun pada kenyataannya ia 100% meleset pada flop dengan starting hand misalnya 8-6 unsuit.

Tidak perlu menghabiskan waktu anda untuk mencari penjelasan atas “Kegokilan” pemain tipe ini, yang pasti ketika anda berhadapan dengannya, cara anda bermain sebaiknya adalah sebagai berikut:

– Jangan pernah melakukan bluffing terhadap dia

– Jika anda memiliki kombinasi yang cukup bagus maka lakukan betting, tidak perlu melakukan strategi check raising, karena “ia tidak memiliki” tombol fold…:D, sehingga kemungkinan terbesar ia akan melakukan calling.

– Jangan memancing ia melakukan bluffing, karena ia tidak dapat melakukannya.

– Mainkan kartu drawing secara pasif saja, karena biasanya ia akan memberikan izin anda untuk melakukan drawing tersebut secara gratis (free card).

– Perlu dicatat khusus, jika tipe pemain ini tiba-tiba “menggeliat dan bangun”, maka berhati-hatilah, biasanya ia memiliki “Monster” ditangannya.

Namun biar begitu, jelek-jelek si Calling Station ini adalah tipe pemain peringkat kedua setelah Maniak yang sering membuat seorang pemain menjadi Tilt akibat “keluguannya”. Ia sering memporak-porandakan asa dan harapan dari kombinasi lawannya yang sudah bagus, dengan sebuah kartu yang tidak diharapkan lawan tersebut hadir saat babak River (kartu terakhir dibuka) dan membuat kombinasi yang lebih baik untuk si Calling Station.

8. DONKEY

Ini adalah tipe pemain terburuk dalam sejarah permainan poker. Mending menjadi pemain “Gokil” sekalian daripada menjadi Donkey ini. Pemain tipe ini aslinya akan anda temukan pada Micro dan Low Limit, sedangkan pada High Limit tidak akan pernah anda temukan, karena Donkey ini tidak akan pernah berhasil membangun bankroll-nya sehingga mencukupi untuk bermain di High Limit. Seringkali ia mengalami kebangkrutan bankroll akibat “kebodohan dan kekeras-kepalaannya”.

Tipe pemain ini hobby melakukan bluffing atas dirinya sendiri dengan selalu berpikir:”Dia tidak memiliki kombinasi apa-apa, calling saja ah…”
Pemain ini juga suka melakukan drawing secara pasif untuk selanjutnya melakukan bluffing ketika ia gagal dalam melakukan drawing tersebut. Jadi pemain tipe Donkey ini cenderung untuk menjadi pemain yang Loose namun sangat pasif. Ia akan bermain Slow Playing ketika memiliki sebuah kombinasi dan akan melancarkan sebuah bluffing jika dilihatnya ada sedikit saja kesempatan. Ia juga sangat mudah mengalami perubahan kondisi temparemen, dimana suatu saat ia menjadi Calling Station, dilain waktu Maniak Mode is On…:D, tergantung dari Donkey ini sedang menang atau kalah.

Jika anda menemukan Donkey ini pada suatu meja, maka bermainlah secara standard poker saja, jangan bermain variatif. Selalu amati pemain tersebut karena setiap Donkey akan berbeda karakter dan manifestasinya dalam memainkan kartu ditangannya.
Amati cara ia memainkan monster, kapan ia melakukan fold, calling, raising atau reraising dan sebagainya. Anda harus memiliki kesabaran dalam menghadapi Donkey ini, karena anda akan sedikit demi sedikit “mencubit” dan mengikis modal didepannya akibat “kedegilannya” memainkan kartu ditangannya.

KESIMPULAN

POKER ONLINE DAN CARA-CARA MENGHADAPINYA

Dalam permainan poker, cara anda menghasilkan uang adalah dengan memainkan sebaik mungkin kartu terbaik yang anda terima dibandingkan lawan-lawan anda yang juga memainkan kartu terbaiknya. Oleh sebab itu, tidak perlu menjadi idealis dan menganggap diri anda hebat pada poker ini, carilah lawan-lawan yang paling mudah dikalahkan seperti tipe Rocks, Nits, Weak Tight dan Maniak. Jadi bermainlah sebagai pemain tipe Tight Aggressive (TAG), kuasai cara bermain dan manuver-manuver dalam TAG ini kemudian anda dapat mulai mengumpulkan profil sebanyak-banyaknya dari permainan poker ini.

demikianlah penjelasan TIPE PEMAIN POKER ONLINE & CARA MENGHADAPINYA ? Strategi Main Poker dari Cemebro. semoga beruntang dalam bermain,.